Air Terjun Sidoharjo Kulonprogo, Salah satu Air Terjun Tertinggi di Yogyakarta


Mau tanya tentang paket wisata low budget dijogja? klik kontak wa dibawah ini:
 Chat Whatsapp 62816683539 

_________________________________________________
Kota Yogyakarta sangat lengkap sekali tempat lokasi wisatanya, tidak hanya lokasi wisata budayanya dan pantainya saja namun di Yogyakarta juga mempunyai wisata air terjun atau Curug yang sangat indah.

Seperti halnya Air Terjun Sidoharjo di kabupaten Kulonprogo ini. Banyak orang menyebut Air Terjun Sidoharjo ini adalah air terjun tertinggi di kulon Progo dan bahkan tertinggi di kota  Yogyakarta.

Air terjun ini mempunyai ciri khas tersendiri yakni ketinggian air terjunnya serta pemandangan alam di sekitarnya, masih sangat alami dan belum begitu ramai wisatawan. Wisatawan kala ketempat ini bisa bermain air namun selalu hati-hati ya apalagi saat musim penghujan tiba air terjun nya akan lebat.


Lokasi

Lokasi air terjun ini berada di dusun Gonolangu, desa Sidoharjo, kecamatan Samigaluh, kabupaten Kulon Progo.


Rute Menuju Air Terjun Sidoharjo Kulon Progo

Dari kota Yogyakarta Air Terjun Sidoharjo ini berjarak kurang lebih 30km dan dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi kurang lebih 1 jam perjalanan

Yogyakarta > perempatan Ring Road Demak Ijo > Jalan Godean > Jembatan sungai Progo > ada perempatan Nanggulan belok ke kanan ( ambil ke arah utara) > ada perempatan Dekso ambil arah ke kiri (menuju ke arah Samigaluh) > ada pertigaan di jalan menanjak >  ambil kanan > MTs Sidoharjo > setelah Mts ambil kanan masuk jalan kecil di sebelahnya > Air Terjun Sidoharjo

Setelah sampai di parkiran warga perjalanan masih berlanjut dengan jalan kaki melalui Medan persawahan penduduk. Tak lama kemudian wisatawan akan mendapati anak terjun kecil sebelum sampai di Air Terjun Sidoharjo ini.

Air Terjun Sidoharjo ini memiliki ketinggian kurang lebih 70meter, dengan air yang lumayan besar saat musim penghujan, namun kala musim kemarau debit air nya biasanya berkurang. Sehingga wisatawan banyak berkunjung ke tempat ini biasanya saat musim penghujan.

Berselfie diantara air terjun Sidoharjo dengan view pemandangan alam yang hijau royo-royo membuat hasil jepretan sangat cantik sekali.

Wisata alam yang berada di desa Sidoharjo sangat menarik untuk di kunjungi, wisatawan bisa bermain air di lokasi air terjun namun dengan catatan bisa berenang ya. Hati-hati di lokasi wisata karena sangat licin batuannya.

Untuk mengunjungi tempat wisata ini lebih baik menggunakan sepeda motor karena jalan masuknya masih sangat sempit.


Fasilitas dan Tiket

Air terjun Sidoharjo ini masih dalam pengembangan masih minimnya fasilitas akan lebih baiknya wisatawan membawa perbekalan dari rumah seperti makanan dan minuman.

Harga tiket masuk ke kawasan wisata masih gratis, wisatawan hanya di kenakan tarif parkir saja. Untuk motor Rp.2.000